6 Hal yang Harus Anda ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis baru. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diketahui sebagai bahan pertimbangan persiapan usaha Anda:

1.Jenis Badan Usaha

Terdapat banyak sekali jenis usaha, dan Anda harus memilih yang mana yang paling cocok untuk situasi industri dan pajak Anda. Secara umum, terdapat tiga jenis badan usaha, simak penjelasan singkatnya di bawah ini:

  • Perusahaan Perseorangan: Merupakan pilihan utama bila Anda merupakan pemilik tunggal usaha tersebut. Anda berhak atas seluruh laba setelah dikenakan pajak, namun Anda juga menanggung sendiri seluruh resiko dan kerugian usaha.
  • Firma: Jenis usaha ini menawarkan kolaborasi aktif dari tiap anggota firma di mana tiap anggota memiliki kewajiban pribadi dalam pelunasan hutang usaha.
  • Persekutuan Komanditer/CV: Tipe usaha ini menawarkan fleksibilitas dalam menjalankan sebuah kemitraan di mana ada mitra aktif yang terlibat aktif dalam pengelolaan usaha dan mitra pasif yang hanya ikut menyetor modal usaha.
  • Perseroan Terbatas: Merupakan jenis usaha yang paling umum. Merupakan badan terpisah yang memiliki skala struktur yang jelas di mana para pemilik modal tidak memiliki kewajiban dalam pengelolaan dan melibatkan harta pribadi. Jenis usaha ini cenderung membutuhkan persiapan lebih dalam pendirian.

2.Kompetitor Terbesar Anda

Jawaban dari pertanyaan ini sangatlah penting, mengetahui siapa kompetitor Anda adalah hal mendasar untuk mempelajari bagaimana mereka menjalankan bisnis dan hal apa yang bisa diambil dari kesuksesan dan kegagalan kompetitor. Banyak sekali cara untuk melakukan riset ini, antara lain: narasumber lisan, google, hingga konferensi. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu dari supplier anda.

3.Target Pasar

Target pasar yang berbeda akan menuntut upaya pendekatan yang juga berbeda. Mengenali target konsumen usaha anda bisa menjadi kunci sukses pemasaran; tanpanya, produk anda tentu akan sulit untuk dijual. Siapa yang akan menjadi target produk dan jasa yang anda tawarkan? Dan apa nilai lebih yang dapat Anda tawarkan? Saat Anda mengetahui jawabannya, cobalah beberapa pendekatan pemasaran untuk mengetahui strategi mana yang mendapatkan respon terbaik. Sebagai contoh, bila target Anda adalah konsumen senior, iklan tradisional bisa menjadi jurus andalan Anda, namun untuk pasar yang lebih muda, Anda harus lebih kreatif dalam menggunakan media baru (seperti youtube, social media, dll) dengan menggunakan berbagai alat riset pasar yang disediakan Google, Anda dapat mulai memilah dan memasarkan ke target pasar yang diinginkan.

4.Nama Perusahaan

Sebelum Anda membuka sebuah bisnis, Anda harus memastikan bahwa belum ada orang yang telah mematenkan nama atau jargon bisnis yang direncanakan; pemilihan nama juga patut memperhatikan ketersediaan domain website. Gunakan situs e-Status Kekayaan Intelektual untuk mengetahui ketersediaan hak paten nama perusahaan, dan www.cekdomain.net untuk melihat ketersediaan domain nama perusahaan.

5.Rencana Bisnis yang Matang

Rencana bisnis Anda adalah petunjuk jalan kesuksesan bisnis Anda, perencanaan ini menunjukkan bagaimana rencana Anda untuk mendapatkan keuntungan dan garis besar rencana tim Anda untuk menarik perhatian calon investor.
Rencana bisnis juga merupakan hal yang harus dilakukan dengan matang bila Anda sedang dalam tahap pencarian dana dari investor. Bagaimana cara membuat rencana bisnis akan tergantung industri yang ingin Anda jalankan. Sekali lagi, ingatlah untuk melakukan riset kompetitor untuk membantu pembuatan rencana bisnis Anda.

6.Sumber Pendanaan

Tidak semua wirausahawan memiliki modal pribadi yang cukup besar untuk memulai usahanya. Sebisa mungkin, mulailah melakukan riset tentang peminjaman dana, calon investor, dan cari tahu tentang pilihan dana hibah bisnis yang tersedia untuk usaha Anda.

Anda akan menyadari bahwa setelah menjalankan usaha nantinya akan ada lebih banyak aspek dan masalah yang harus diurus. Namun dengan mengetahui dan mempersiapkan 7 aspek penting ini secara matang, Anda akan memiliki dasar yang kokoh untuk membangun usaha Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *