Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah salah satu jenis teknik marketing menggunakan surat elektronik (surel) atau email. Penggunaan teknik ini bertujuan untuk menyampaikan pesan produk ataupun kampanye organisasi kepada banyak orang secara cepat.

Untuk menggunakan metode ini, tentunya kamu harus memiliki email. Sebab, email itu nantinya akan menjadi peranti pemasaran. Isi dari email itu bergantung kepada kreatifitas kamu.

Kamu bisa mengisi email itu dengan berbagai platform, seperti newsletter, video, hingga desain gambar yang menarik. Pilihan itu bergantung kepada kebutuhanmu dan seberapa besar kamu ingin consumer tertarik dengan apa yang tengah kamu pasarkan.

Ruang kreatifitas sangat terbuka lebar dengan menggunakan email marketing. Dengan demikian, kamu bisa menarik consumer dengan cara yang unik dan berbeda dari advertiser lainnya.

Keuntungang menggunakan Email Marketing

Keuntungan menggunakan email marketing ialah tidak memakan banyak biaya. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dalam memasarkan atau mempromosikan sesuatu. Murahnya operasional email marketing lantaran hanya memerlukan email sebagai peranti utama melakukan kegiatan marketing.

Keuntungan lainnya ialah jangkauan luas dan waktu yang singkat. Dengan menggunakan metode email marketing, kamu bisa menjangkau banyak orang dalam waktu yang singkat. Sebab, di era digital seperti saat ini, hampir semua orang memiliki alamat email.

Hampir setiap hari, orang yang memiliki email pasti mengecek email miliknya. Jadi, tiap tawaran produk atau kampanye organisasi pasti akan dengan mudah dibaca. Dengan demikian, produk atau program kampanye yang tengah kamu pasarkan dapat mudah menjangkau consumer dalam waktu singkat.

Lalu, proses kegiatan email marketing lebih dapat terukur dan terprediksi keberhasilannya ketimbang metode marketing biasa. Sebab, tiap consumer yang tertarik akan tercatat dalam data visitor link iklanmu. Pola pengukurannya bisa kamu tentukan sendiri.

Pengukuran itu memungkinkan kamu untuk mengevaluasi pola pemasaranmu. Selain itu, kamu bisa mengetahui platform iklan seperti apa yang dengan mudah menarik consumer untuk melihat produk atau program kampanyemu.

Kelemahan Email Marketing

Ada beberapa kelemahan email marketing yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakannya. Pertama, ada kalanya iklan yang kamu kirimkan ke email orang lain tidak terbaca lantaran terbaca sebagai spam.

Email yang kamu kirim bisa masuk ke dalam folder spam dapat disebabkan beberapa hal. Bisa karena pengguna email tersebut sudah menandai segala email yang berasal dari kamu sebagai spam atau isi dari email kamu mirip dengan email spam sehingga secara otomatis masuk ke dalam folder tersebut. Oleh sebab itu, kamu harus mendesain iklanmu dengan hati-hati agar tidak masuk ke dalam folder spam.

Kelemahan lain ialah masih banyak orang yang khawatir bila email iklan yang masuk ke dalam akunnya merupakan virus. Hal itu membuat iklan yang kamu buat tidak akan dibuka oleh calon consumer.

Agar bisa membedakan email iklan yang kamu kirimkan dengan email spam atau virus, kamu harus memberikan beberapa pembeda. Salah satu hal yang dapat meyakinkan orang untuk membuka iklanmu melalui email ialah dengan mencantumkan alamat dan kontak yang jelas dalam iklan tersebut.

Dengan begitu, calon consumer dapat berhati-hati dengan mengontak kamu bila takut membuka link tautan yang ada dalam email iklanmu.

Itulah beberapa hal mengenai email marketing yang harus kamu ketahui sebelum menggunakannya dalam memasarkan produk atau kampanyemu. Penggunaan email marketing yang tepat dapat memberikan dampak positif dalam kegiatan promosimu. Untuk itu, jangan putus asa dalam mengulik segala hal mengenai email marketing ya guys!