Email Marketing yang Efektif untuk Bisnis UMKM Anda

Pekerjaan sebagai Marketing dari sebuah bisnis dengan skala yang lebih kecil dapat menjadi hal yang menantang. Masalah-masalah yang berkaitan dengan bisnis kecil, seringkali terjadi di seputaran cara melakukan perluasan market dengan biaya seada-nya. Serta bagaimana caranya untuk mendapatkan keuntungan yang stabil setiap bulannya.

Para pelaku bisnis kecil dan menengah banyak yang melihat manfaat dari email marketing. Hal ini karena kampanye email marketing sangat hemat biaya dan mudah digunakan. Namun apakah Anda sudah tahu ada berapa jenis email marketing untuk bisnis? Berikut ini adalah 3 jenis email marketing yang perlu Anda ketahui dan bisa digunakan dalam bisnis Anda:

  • Invitation email

Invitation email merupakan jenis email marketing yang digunakan untuk menjaga klien agar tetap selalu update pada acara-acara mendatang. Jenis email ini bisa dikirimkan seminggu atau sehari sebelum kegiatan atau acara berlangsung sebagai cara untuk mendorong pelanggan untuk hadir.

  • Digest Email

Digest Email merupakan email marketing yang otomatis akan dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan email ini kita juga bisa menentukan periode email tersebut digunakan, misalnya hari, minggu, bulan, dan lain sebagainya. Atau email ini bisa juga membatasi penerima, misalnya 10 atau 100 dalam satu kali pengiriman pesan tunggal.

  • Newsletter

Newsletter merupakan cara cepat untuk menjaga pelanggan Anda melalui penggunaan informasi pada setiap berita bisnis atau promosi yang akan datang. Newsletter bisa dikirim secara berulang, misalnya setiap seminggu atau sebulan sekali.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis email marketing, yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah poin-poin penting ketika akan mengirimkan email marketing kepada Customer. Karena kebanyakan orang tidak selalu akan membaca email yang Anda kirimkan jika orang tersebut ‘mengendus’ adanya bau promosi. Berikut adalah tips mengefektifkan email Marketing untuk bisnis kecil Anda:

1. Subjek email

Salah satu poin yang terpenting dalam email marketing adalah subjek atau judul email. Untuk itu subjek email harus benar-benar menarik dan mengandung ajakan. Jangan pernah meremehkan sebuah subjek email apabila ingin email marketing Anda dibuka, dibaca dan ditanggapi.

2. Tampilan email

Tidak semua email yang dibuka karena judulnya menarik akan mengundang orang untuk membacanya sampai habis dan membuat orang tersebut menanggapi email Anda. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan Direct Marketing Association mengungkapkan bahwa 88% orang yang membuka email menyukai tampilan email berupa konten HTML, dan 12% lainnya menyukai tampilan atau konten email berupa teks.

3. Permintaan data diri

Ketika Anda ingin mengumpulkan list database, Anda pasti akan mencantumkan formulir data diri di dalam email marketing. Usahakan untuk hanya mengambil data diri terpenting seperti alamat email, untuk meningkatkan kuantitas subscribe pada situs Anda. Karena apabila data diri yang Anda minta terlalu banyak dan sebenarnya tidak diperlukan, maka akan membuat customer akan menjadi ragu untuk memberikan informasi mengenai dirinya terutama dengan maraknya penyalahgunaan informasi di internet sekarang ini.

4. Testimonial pelanggan

Salah satu cara meningkatkan efektivitas subscribe email pada situs Anda adalah dengan mencantumkan social proof atau bukti sosial. Anda yang memiliki bisnis berskala kecil dapat melakukan hal ini dengan mencantumkan foto customer yang puas atau testimoni dari orang yang memiliki nama yang terkenal pada situs Anda. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai email dengan harapan Anda akan menyediakan informasi berharga yang dicari oleh calon customer.

5. Promo hadiah

Anda dapat menawarkan hadiah kepada orang yang melakukan subscribe. Dengan kode diskon spesial maupun promo lain-nya yang terdapat di dalam email marketing yang Anda kirimkan. Selalu pertimbangkan win-win solution bagi Anda yang menginginkan list building email serta bagi calon customer yang ingin mendapatkan sesuatu dari Anda.

Pada akhirnya, email marketing merupakan media yang sangat terjangkau dari sisi harga dan sangat efektif dari segi caranya. Bahkan Ini lebih efektif daripada beriklan di tv, radio, media cetak yang akan mengeluarkan banyak biaya. Karena itulah email marketing banyak digunakan oleh pebisnis berskala kecil sebagai media promosinya. Tapi perlu diingat juga apabila sembarangan dalam mengirimkan email marketing tampa memperhatikan poin-poin diatas, malah akan berdampak buruk bagi bisnis Anda nantinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.